Minggu, 15 Agustus 2010

HTTP dan HTTPS

HTTP merupakan singkatan dari Hyper Text Transfer Protocol, sedangkan HTTPS singkatan dari Hyper Text Transfer Protocol Secure.

Nah, dari kepanjangannya saja terlihat jelas perbedaan diantara keduanya. Secure adalah aman, aman disini maksudnya adalah halaman web yang diawali dengan https, membutuhkan tingkat keamanan yang sangat tinggi terhadap data atau informasi yang terdapat dalam web tersebut. Sehingga memberikan perlindungan kepada pemilik website atau pengunjung yang melakukan input informasi penting ke dalamnya.

Misalnya web site yang meminta user mengisikan id dan password, atau data-data lainnya yang bersifat pribadi. contoh: https://www.google.com/adsense, https://login.yahoo.com, https://www.paypal.com dan banyak lainnya. Sedangkan Http, merupakan URL halaman web yang biasa pada umumnya.

Dengan melihat pada url sebuah situs, kita sudah bisa menentukan mana situs yang memiliki keaman dan mana yang tidak. Jika anda menjumpai sebuah website yang meminta anda untuk memasukkan nomor kredit anda, maka perhatikanlah url-nya terlebih dahulu apakah diawali https:// atau tidak. Jika tidak maka jangan sekali-kali anda memasukkan nomor kartu kredit anda. Bila hal itu anda abaikan, maka jangan pernah berharap anda dapat tidur tenang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar